dolo neurobion tablet

5 Vitamin Mengurangi Gejala Neuropati Termasuk Dolo Neurobion Tablet

Neuropati merupakan kerusakan saraf yang sering terjadi pada penderita diabetes dan sebagai efek samping kemoterapi. Meskipun perubahan gaya hidup dan perawatan konvensional dapat meredakan gejala neuropati, suplemen juga dapat membantu. Dolo Neurobion Tablet merupakan salah satu obat berkhasiat untuk mengatasi nyeri yang diakibatkan karena adanya gangguan pada saraf.

Gejala neuropati perifer meliputi:

  • kesemutan di bagian tubuh yang sakit
  • sensasi terbakar
  • merasakan sakit karena sentuhan ringan
  • mengalami perubahan suhu yang ekstrim, biasanya di kaki
  • mengalami sensasi lain yang tidak biasa

Meskipun salah satu saraf tepi tubuh dapat mengembangkan neuropati, kebanyakan orang mengalami gejala di kaki atau tangan.

Perawatan untuk neuropati biasanya melibatkan pengelolaan kondisi yang menyebabkannya dan menghilangkan gejala. Penelitian tentang penggunaan suplemen dan pengobatan alami untuk neuropati sedang berlangsung. Suplemen mungkin memiliki efek samping yang lebih sedikit daripada perawatan konvensional dan memiliki manfaat kesehatan lainnya.

Seperti halnya pengobatan apa pun, siapa pun yang ingin mencoba suplemen harus mendiskusikan risiko dan manfaatnya dengan dokter terlebih dahulu. Siapapun yang mengalami efek samping yang parah harus mencari nasihat medis secepat mungkin.

Kami memeriksa vitamin dan suplemen yang dapat membantu mengurangi gejala neuropati, mencegahnya terjadi, atau bahkan membalikkan kerusakan saraf. Kami juga membahas tip diet dan gaya hidup untuk neuropati dan melihat kapan harus mencari nasihat dari dokter.

  1. Vitamin B kompleks

B-12, B-6, vitamin B kompleks lainnya juga dapat meredakan gejala neuropati.

Vitamin B kompleks memainkan peran penting dalam kesehatan saraf, metabolisme, dan persepsi sensorik. Defisiensi B-kompleks relatif umum, dan seseorang dapat mengalami defisiensi hanya setelah beberapa minggu asupan yang tidak memadai.

Seseorang perlu berkonsultasi dengan dokter sebelum melengkapi dengan vitamin B.

Beberapa suplemen B-kompleks yang dapat membantu neuropati meliputi:

  • folat (vitamin B-9), yang juga terdapat dalam sumber makanan, seperti oatmeal dan sereal yang diperkaya
  • vitamin B-1, yang ada di banyak jenis daging, juga jeruk dan kacang polong. 

Dolo Neurobion Tablet mengandung parasetamol,vitamin B1, vitamin B6, serta vitamin B12. Vitamin B1, B6, dan B12 merupakan vitamin neurotropik atau vitamin yang berfungsi untuk menjaga kesehatan saraf, dengan membantu pembentukan selubung saraf serta transmisi sinyal.

  1. Magnesium

Foundation for Peripheral Neuropathy menyatakan bahwa magnesium dapat membantu neuropati terkait kemoterapi, tetapi diperlukan lebih banyak penelitian.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Nutrisi orang yang menjalani kemoterapi menemukan bahwa orang yang memiliki kadar magnesium tinggi dalam makanan mereka cenderung mengalami neuropati.

Studi 2013 Journal of Clinical Oncology sebelumnya tidak memiliki hasil yang sama. Peneliti menemukan bahwa pemberian infus magnesium dan kalsium dengan kemoterapi tidak memperbaiki gejala neuropati.

Magnesium berlimpah dalam cokelat hitam, kacang-kacangan, alpukat, dan polong-polongan.

  1. Kalsium

Foundation for Peripheral Neuropathy juga menyarankan bahwa kalsium dapat membantu neuropati terkait kemoterapi, tetapi sekali lagi, penelitian terbatas.

Namun, penelitian yang diterbitkan di Nutrients menemukan bahwa makanan kalsium tinggi tidak berpengaruh pada neuropati yang diinduksi kemoterapi pada beberapa orang.

Sumber makanan kaya kalsium termasuk makanan olahan susu, seperti susu dan keju.

  1. Asetil-l-karnitin

Asetil-l-karnitin (ALC) adalah suplemen populer untuk mengobati berbagai macam gejala. Hati dan ginjal secara alami memproduksinya.

Orang yang menjalani kemoterapi mungkin merasa lega dari neuropati dengan ALC. Namun, data yang mendukung penggunaannya beragam.

Sementara beberapa studi awal kecil menghasilkan hasil yang menjanjikan dengan suplemen, data lain menunjukkan bahwa ALC tidak bekerja.

Studi lain menunjukkan bahwa ALC membantu mengontrol rasa sakit dan dapat meningkatkan fungsi saraf pada penderita neuropati akibat diabetes.

  1. Glutathione

Glutathione adalah antioksidan yang diproduksi tubuh secara alami. Ini adalah suplemen yang semakin populer, dan beberapa makanan, seperti okra, asparagus, dan alpukat, mengandung kadar yang tinggi. Namun, pencernaan memecah glutathione, dan tubuh tidak menyerapnya, jadi orang mungkin perlu menggunakan metode lain. Bicaralah dengan dokter tentang cara terbaik untuk mengonsumsi glutathione.

Penelitian awal telah menemukan bahwa glutathione dapat membantu neuropati terkait kemoterapi, neuropati diabetes, dan neuropati yang tidak diketahui asalnya.

Tidak semua penelitian menemukan bahwa glutathione bekerja, jadi lebih banyak penelitian harus menilai perannya dalam kesehatan saraf.

Melengkapi vitamin yang kurang

Beberapa orang mengembangkan neuropati karena mereka kekurangan vitamin dan nutrisi tertentu. Suplemen dapat membantu memulihkan atau mengurangi gejala.

Beberapa kekurangan vitamin dan mineral yang dapat menyebabkan neuropati meliputi:

  • Vitamin B-12. Orang yang tidak makan produk hewani lebih rentan terhadap defisiensi B-12. Kekurangan vitamin B-12 juga dapat menyebabkan anemia.
  • Tembaga. Kekurangan tembaga dapat merusak saraf dan menyebabkan kelebihan seng dalam darah. Orang dengan terlalu sedikit tembaga mungkin membutuhkan perawatan seumur hidup.
  • Vitamin E. Vitamin E adalah antioksidan penting. Kekurangan vitamin E dapat merusak saraf. Penyakit yang disebut sindrom spinocerebellar dapat menyebabkan kekurangan vitamin E, meskipun pola makan yang tidak biasa dan kondisi lain juga dapat menyebabkan rendahnya vitamin E.
  • Vitamin B-6. Vitamin B-6 dapat menyebabkan neuropati perifer jika seseorang mendapat terlalu banyak atau terlalu sedikit. Pola makan yang buruk dan gangguan makan dapat menyebabkan defisiensi B-6.

Mengonsumsi terlalu banyak suplemen apa pun dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius, termasuk neuropati yang memburuk. Orang yang mencurigai mereka kekurangan nutrisi harus meminta dokter untuk memeriksa kadarnya dan kemudian berkonsultasi dengan ahli nutrisi tentang suplemen mana yang akan digunakan dan berapa dosisnya. 

Dolo Neurobion Tablet juga suplemen yang memiliki aturan bahwa Dolo Neurobion tidak boleh digunakan bagi pasien yang mengalami gangguan ginjal ringan, pasien yang mengonsumsi alkohol, dan tidak untuk mengobati nyeri otot atau rematik.

Kontraindikasi jangan dikonsumsi pada kondisi, bagi penderita hipersensitif terhadap salah satu komponen obat ini dan penderita gangguan fungsi hati dan ginjal yang berat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *