Inilah Vitamin Untuk Ibu Menyusui yang Anda Butuhkan!

Selama menyusui Si Kecil, tubuh Anda membutuhkan lebih banyak energi dan nutrisi. Mengonsumsi vitamin untuk ibu menyusui merupakan salah satu cara untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi Busui agar ASI yang dihasilkan lebih berkualitas.

Kebutuhan nutrisi harian dapat dipenuhi dengan mengonsumsi makanan bergizi seimbang. Makanan sehat yang bergizi umumnya mengandung berbagai nutrisi, termasuk vitamin dan mineral, yang dibutuhkan oleh ibu menyusui.

Vitamin untuk ibu menyusui penting dalam menjaga kesehatan

Jumlah dan kandungan ASI yang diberikan ke bayi akan menentukan jumlah asupan gizi yang diperoleh bayi. Hal ini membuat kebutuhan nutrisi Busui selama memberikan ASI eksklusif menjadi lebih tinggi.

Berikut ini adalah beberapa jenis vitamin yang dibutuhkan ibu menyusui.

  1. Vitamin A

Vitamin A tidak hanya baik untuk tubuh ibu menyusui, namun juga untuk Si Kecil. Salah satu manfaat vitamin A untuk bayi adalah memperkuat daya tahan tubuh agar lebih kuat melawan infeksi dan menjaga kesehatan mata bayi. Ibu menyusui dianjurkan untuk memenuhi kebutuhan vitamin A sebanyak 1000 – 1200 mikrogram (mcg) per hari. Jumlah ini lebih banyak dibandingkan kebutuhan vitamin A saat hamil yang hanya sekitar 700 – 800 mcg per hari.

  1. Vitamin B kompleks

Vitamin B terdiri atas beragam jenis dan memiliki fungsi yang berbeda pula, yaitu

  • Vitamin B1 dan B2

Kedua vitamin ini berfungsi untuk membantu ibu menyusui memperoleh energi, serta mendukung tumbuh kembang dan perkembangan saraf dan otak Si Kecil. Jumlah asupan vitamin B1 dan B2 yang perlu dipenuhi oleh ibu menyusui adalah sebanyak 1 – 1,5 mg per hari.

  • Vitamin B3 dan B6

Vitamin B3 berfungsi untuk untuk menjaga kesehatan mata dan kulit, sementara vitamin B6 berperan penting dalam menjaga kesehatan otak dan sistem kekebalan tubuh.  Busui perlu memenuhi asupan vitamin B3 sebanyak 10 – 15 mg, sedangkan vitamin B6 sebanyak 1,8 – 2 mg per hari.

  • Vitamin B9 dan B12

Vitamin B9 atau folat dan vitamin B12 juga termasuk vitamin yang penting untuk kesehatan ibu menyusui dan bayinya. Bagi ibu menyusui, vitamin ini dapat meningkatkan jumlah dan kualitas ASI serta produksi sel darah merah.

  1. Vitamin C

Konsumsi vitamin C hingga 1000 mg dipercaya dapat meningkatkan kadar vitamin C dalam ASI serta meningkatkan daya tahan tubuh ibu menyusui dan bayi. Kebutuhan vitamin C yang harus dipenuhi ibu menyusui adalah sekitar 100 – 120 mg per hari.

  1. Vitamin D

Vitamin D berfungsi meningkatkan penyerapan kalsium yang dibutuhkan ibu menyusui. Dan  mendukung pertumbuhan dan meningkatkan kekuatan tulang dan gigi bayi.  Asupan vitamin D bagi ibu menyusui yang direkomendasikan adalah 600 IU atau setara dengan 15 mcg IU per hari.

  1. Vitamin E

Vitamin E berperan dalam melindungi sel dan jaringan tubuh dari kerusakan, memperkuat sistem kekebalan tubuh, serta menjaga kesehatan kulit dan mata, baik pada bayi maupun ibu menyusui. Selama menyusui, Busui disarankan untuk mencukupi kebutuhan vitamin E sebanyak 15 – 20 mg per hari.

Mengonsumsi vitamin untuk ibu menyusui memang dapat membantu melengkapi kebutuhan nutrisi di masa menyusui. Oleh karena itu, jangan lupa untuk mengonsumsi makanan bergizi seimbang dan cukup minum air putih setiap harinya.

Bila Anda merasa asupan nutrisi yang dikonsumsi kurang tercukupi dari makanan atau mengalami kendala seputar menyusui, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter. Dokter dapat merekomendasikan pola makan yang sehat dan meresepkan suplemen tambahan jika memang diperlukan.

Anda bisa berkonsultasi dengan dokter menentukan vitamin untuk ibu menyusui yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan. Konsultasi bisa dilakukan secara daring melalui SehatQ .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *