Kutil Sebabkan Benjolan di Jari Tangan? Ini Obatnya

Jika tiba-tiba muncul benjolan di jari tangan dengan ciri; bertekstur keras dan bentuknya seperti kembang kol, hampir dapat dipastikan itu adalah kutil. Kutil memang menjadi satu di antara sekian banyak masalah kulit yang mengganggu, meski tak berbahaya. Lalu apa obatnya?

Sebelum masuk ke pembahasan obat kutil atau upaya-upaya yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah benjolan di jari tangan ini, ada baiknya kita sedikit mengenal apa itu kutil. Tahukah kamu kalau kutil disebabkan oleh virus dan ditularkan melalui sentuhan?

Jenis cedera pada jari banyak macamnya dan untuk mengetahui tergantung oleh penyebabnya

Faktanya memang begitu adanya. Kutil terjadi karena ada virus HPV atau human papilloma virus. Kutil bisa tumbuh di bagian tubuh mana saja, termasuk di sekitar kelamin. Oleh karenanya, meski tak berbahaya, kutil ini potensial sekali mengganggu kehidupan kita.

Perlu diketahui juga kalau kutil sebenarnya dapat sembuh sendiri, walaupun kamu tak melakukan upaya apa-apa terhadap kutil tersebut. Akan tetapi, biasanya orang yang memiliki kutil risih dengan benjolan tersebut, apalagi kalau kutil menyebabkan benjolan di jari tangan. Sudah mengganggu, semua orang dapat melihatnya. Oleh karenanya, banyak orang mencari cara untuk mengatasi kutil ini.

Kalau kamu mendat menghilangkan kutil, mungkin kamu akan dihadapkan pada beberapa pilihan metode atau cara pengobatan kutil. Biasanya, di rumah sakit kutil diatasi dengan penggunaan obat kimia, penggunaan laser, atau malah operasi pembedahan. Apa pun pilihan yang kamu ambil, mungkin kamu perlu merogoh kocek untuk itu.

Untuk menyiasati biasa berlebih untuk sekadar mengatasi benjolan di jari tangan yang disebabkan kutil, kamu bisa memilih satu atau beberapa di antara bahan alami yang sudah terkenal ampuh untuk menghantam kutil. Apa saja bahan yang dimaksud, berikut di antaranya:

  • Cuka apel

Cuka apel dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan benjolan di jari tangan karena kutil karena bahan ini bersifat antimikroba sehingga virus HPV dapat dibunuh olehnya. Cuka apel akan jadi obat kutil yang mudah dan bermanfaat.

Kamu bisa langsung menggunakan bahan ini untuk mengatasi kutil kapan saja, di mana saja, selama cuka apel ada di tangan. Cukup campurkan cuka apel dengan air bersih, cari sesuatu yang dapat menyerapnya, misal kapas, kemudian bebat atau kompres kutil itu dengan bahan tadi.

Penggunaan teratur dan berkelanjutan akan membuat kutil dan kutil mengelupas. Namun, hati-hati karena efek sampingnya adalah iritasi kulit.

  • Bawang putih

Senyawa allicin di dalam bawang putih dapat dimanfaatkan untuk mereduksi kutil yang membuat benjolan di jari tangan. Bahan ini sudah pernah masuk ke ruang penelitian, dan hasilnya kutil dapat dihilangkan dalam kurun waktu empat pekan.

Cara memanfaatkan bawang putih untuk mengobati kutil ini cukup sederhana, kamu hanya perlu menghaluskan bawang putih dan langsung mengoleskannya di lokasi tumbuhnya kutil.

  • Nanas

Kutil akan luruh jika protein di dalam virus HPV mati dan menghilang. Untuk mengejar kondisi itu, kandungan bromelain yang ada pada nanas dapat digunakan. Dalam rangka menghilangkan kutil dengan nanas, ada dua cara yang dapat dipilih; pertama adalah mengoleskan perasan nanas atau yang kedua, merendam kulit dalam perasan nanas.

Bahan-bahan alami di atas bisa kamu coba untuk mengatasi benjolan di jari tangan karena kutil. Kalau dengan penggunaan bahan tersebut masalahmu terselesaikan, tentu dapat disyukuri. Namun, jika tak membaik pula, ada baiknya kamu mulai mencari atau melakukan upaya-upaya medis. Atau kalau tahan, ya, biarkan saja. Nanti juga kutil itu hilang dengan sendirinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *