Manfaat dan Efek Bahaya Minum Kopi Setiap Hari

Manfaat dan efek bahaya minum kopi setiap hari. Orang Indonesia banyak yang memiliki kebiasaan ngopi. Baik itu remaja hingga dewasa, baik itu diminum di warung kopi maupun kafe-kafe.

Kopi memiliki banyak kandungan seperti kafein, antioksidan tinggi, riboflavin, asam pantotenat, mangan, kalium, natrium, magnesium, dan nutrisi bermanfaat lainnya.

Kopi memang minuman yang populer di dunia, termasuk di Indonesia. Oleh karena itu, sering dijumpai orang-orang yang memiliki kebiasaan minum kopi setiap hari. Apakah meminum kopi setiap hari itu berbahaya?

Secara kesehatan, kopi memiliki banyak sisi positif dan negatif. Apa saja manfaat dan efek bahaya minum kopi setiap hari?

salah satu manfaat kopi hitam adalah mengendalikan diabetes

Manfaat Minum Kopi

Sebelum bicara soal bahaya minum kopi setiap hari, tentu Anda juga perlu mengetahui manfaat minuman yang satu ini. Kopi secara umum dianggap memiliki beberapa manfaat seperti penambah energi atau minuman penghilang rasa kantuk. 

Namun, manfaat kopi sebenarnya lebih dari itu, berikut berbagai manfaat kopi untuk kesehatan.

1. Mengurangi Risiko Diabetes Tipe 2

Minum kopi lebih dari secangkir tiap hari selama empat tahun memiliki risiko diabetes tipe 2 lebih rendah sebesar 11 persen. Itulah kenapa kopi dianggap mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2.

Namun, agar kopi berkhasiat mengurangi risiko diabetes tipe 2, Anda perlu ingat untuk jangan terlalu banyak menggunakan gula pada kopi. Hal ini dikarenakan gula dapat meningkatkan risiko terkena penyakit ini.

2. Mengurangi Depresi dan Gangguan Fungsi Otak

Kopi dapat mengurangi risiko terkena depresi hingga membantu menjaga kesehatan otak.

Hal ini dikarenakan kopi dapat membuat Anda lebih berenergi karena kafein meningkatkan aktivitas otak dengan menghalangi adenosin dan meningkatkan neurotransmitter seperti dopamin dan norepinefrin.

Hal tersebut dapat mengurangi kelelahan dan meningkatkan kewaspadaan. Selain itu, kopi juga bisa mencegah demensia dan stroke.

3. Menurunkan Risiko Penyakit Parkinson

Asupan kopi dan kafein yang tinggi dapat menurunkan risiko terkena penyakit Parkinson. Bukan cuma mencegah, kopi dianggap bermanfaat bagi mereka yang sudah terkena penyakit ini.

Hal ini disebabkan kandungan kafein dalam kopi bisa membantu penderita Parkinson untuk mengontrol gerakan tubuh.

4. Menurunkan Risiko Penyakit Organ Hati

Kopi berpotensi menurunkan risiko berbagai penyakit pada organ hati. Misalnya, menurunkan risiko terkena sirosis hati pada peminum alkohol, menurunkan risiko kanker hati, serta risiko penyakit empedu seperti radang atau batu empedu.

5. Menurunkan Berat Badan

Kopi hitam tanpa gula memiliki kalori yang rendah. Kafein dalam kopi juga bisa mempercepat metabolisme dan membantu proses pembakaran lemak.

Maka dari itu, kopi bisa bermanfaat untuk menurunkan berat badan dan menjaga tubuh tetap langsing.

Efek Bahaya Kopi

Selain manfaat positif, kopi juga memiliki efek negatif. Beberapa efek bahaya minum kopi setiap hari adalah sebagai berikut.

1. Aktivitas Harian Terganggu

Kafein dalam kopi memang dapat membuat otak jadi lebih fokus. Tapi, hal ini juga dapat mengakibatkan munculnya kegelisahan dan kecemasan. 

Akibatnya, kopi dapat mengganggu aktivitas harian. Mulai dari sulit tidur, bangun dengan kondisi lelah, hingga sakit kepala dan mood jelek.

2. Membahayakan Lambung

Kopi bisa membahayakan lambung, khususnya jika diminum pada pagi hari dengan kondisi perut yang kosong. Asam dalam kopi dapat memicu asam lambung.

Oleh karena itu, kopi termasuk minuman yang harus dihindari penderita maag, GERD, atau masalah lambung lainnya.

3. Masalah pada Gigi dan Gusi

Kopi yang cenderung mengandung banyak gula dan tanin yang asam dapat menyebabkan masalah pada gigi dan gusi. 

Hal ini dikarenakan kandungan tersebut dapat mengikis lapisan pelindung pada gigi secara perlahan. Selain itu, kopi dapat membuat gigi menjadi kuning serta membuat plak lengket menempel pada gigi.

Demikian manfaat dan efek bahaya minum kopi setiap hari. Setiap hal memiliki positif dan negatifnya, termasuk kopi. 

Oleh karena itu, dalam meminum kopi, harus diperhatikan waktu terbaik untuk mengkonsumsinya. Selain itu, pastikan asupannya tidak berlebihan, termasuk kafein dan gula yang perlu dibatasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *