Tips Manicure Pedicure Sendiri di Rumah

Pandemi membuat Anda takut pergi ke salon dan melakukan manicure pedicure. Namun, bagi para pemula, melakukan manicure pedicure sendiri di rumah tentu tidak mudah. Apalagi harus memotong kartikula kuku tidaklah mudah, sehingga butuh keahlian dan kebiasaan untuk bisa melakukan manicure pedicure dengan tepat dan tidak melukai kulit. Bagi Anda yang ingin mencobanya, berikut ini beberapa tips manicure pedicure yang bisa dicoba di rumah.

1. Siapkan alat manicure pedicure

Pertama, siapkan berbagai alat manicure pedicure di rumah Anda, antara lain:

– Handuk

– Baskom 

– 1 sdm (jika menggunakan baskom) atau 1 cangkir (jika menggunakan bathtub), epsom salt atau bath salt (garam laut mati)

– 2-3 tetes minyak esensial pilihan 

– Batu apung

– Lulur/body scrub 

– Krim kaki atau lotion

– Minyak kutikula

– Tool Nail Cuticle Pusher dari Holika Holika

– Alat pemisah jari kaki

– Aseton 

– Cat kuku, base coat, top coat dan warna pilihan 

– Bantalan kapas

Persiapan pedikur

Isi baskom atau bak mandi Anda dengan air hangat dan tambahkan epsom atau garam mandi dan minyak esensial pilihan. Garam epsom membantu menyegarkan bau kaki. Anda dapat mencoba minyak tea tree karena sifat antiseptiknya, chamomile sebagai anti-inflamasi atau kayu putih untuk meredakan sakit dan nyeri. Rendam selama 3-5 menit agar kapalan Anda melunak.

Cara menghilangkan kulit kasar di tumit

Anda dapat menggunakan batu apung karena sangat bagus dan alami, atau kikir kaki kayu. Selain itu, Anda juga bisa membersihkan tumit kaki menggunakan buffer setelah setiap penggunaan agar tetap bersih. Teknik ini adalah cara sempurna untuk menghilangkan kulit mati, memberikan kelembapan, dan menghaluskan bagian bawah kaki Anda. Fokus pada tumit, bola kaki dan area sela-sela jari kaki. Setelah itu, oleskan krim kaki atau body butter favorit Anda.

Gunakan masker kaki

Masker kaki dapat membantu mengangkat kulit mati dan lelah. Untuk mengatasi tumit kering, carilah masker kaki yang mengandung bahan pelembab seperti shea butter, cocoa butter, minyak kelapa atau minyak zaitun. Masker kaki sebaiknya digunakan setelah menghilangkan kapalan dan sebelum mengoleskan cat kuku.

Cara memotong dan membentuk kuku kaki

Potong kuku sesuai bentuk keinginan Anda. Pertimbangkan untuk memotong kuku jari kaki secara lurus dan melembutkan ujungnya menggunakan kikir kuku untuk menghindari perkembangan kuku yang tumbuh ke dalam. Setelah Anda memotong kuku, oleskan sedikit minyak kutikula pada dan sekitar kuku.

Persiapkan kuku untuk cat kuku

Setelah kuku semua dibersihkan dan digosok, Anda dapat merendam kapas dengan aseton atau penghapus cat dan menyeka pelat kuku untuk menghilangkan setiap sisa minyak kutikula. Selanjutnya, kenakan pemisah jari kaki Anda. Jika tidak memiliki pemisah jari kaki, cobalah untuk menggulung selembar tisu dan menganyamnya di antara jari-jari kaki Anda.

Jangan lupa base coat

Untuk manicure pedicure yang tahan lama dan terlihat profesional, pastikan Anda menggunakan base coat untuk memastikan cat kuku tahan lama, ditambah top coat untuk menghasilkan kilap.

Cara terbaik untuk mengaplikasikan cat kuku

Saat mengaplikasikan warna, gunakan lapisan tipis adalah yang terbaik. Tunggu satu menit hingga lapisan pertama kering. Lapisan tipis penting untuk mencegah hasil akhir yang berantakan dan mempercepat waktu pengeringan. Akhiri dengan lapisan atas yang bening dan aplikasi minyak kutikula lagi setelah kering.

Cara memperbaiki kesalahan

Gunakan kuas cat kecil yang dicelupkan ke dalam penghapus untuk membersihkan di sekitar tepinya atau saat Anda memoles kulit. Ini sangat membantu dalam mendapatkan polesan yang tepat dan mendapatkan hasil akhir manicure pedicure yang sempurna seperti di salon.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *